Friday, December 27, 2013

5 Penemuan Spesies Baru di Indonesia 2013

Indonesia memang negara yang luas. Tidak hanya itu, kekayaan alam yang dimiliki tidak terbatas. Dari daratan hingga lautan yang luas menyimpan keanekaragaman satwa. Oleh karena itu, para ilmuwan masih memiliki minat tinggi untuk mengekspolrasi kekayaan Indonesia. Tidak hanya spesies baru yang mereka temukan, namun juga genus baru. Berikut ini 5 penemuan spesies baru di Indonesia 2013 versi Cari Artikel?:

1. Hiu Berjalan
Hemiscyllum Halmahera
Hemiscyllum Halmahera adalah spesies hiu baru yang ditemukan di perairan Halmahera. Hiu ini ditemukan atas kerja sama LIPI, The Nature Conservancy (TNC), Universitas Khairun, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), dan Conservation International (GI).

2. Ikan Karang Nusa Tenggara Timur
Paracheukunus Rennyae
Paracheukunus Rennyae adalah nama latin dari ikan yang satu ini. Nama ini istimewa karena memakai nama peneliti Indonesia yaitu Renny Kurnia Hadiaty. Ikan ini hanya dapat dijumpai di kawasan terumbu karang Pulau Flores dan Taman Nasional Komodo yang masuk dalam kawasan segitiga terumbu karang dunia. Keunikan dari ikan ini adalah pola warnanya sera sirip punggung, belakang dan ekor yang berbentuk lingkaran. Ikan berjenis Flasherwrasse ini menjadi favorit penyelam dan fotografer bawah laut karena keunikannya.


3. Burung Hantu Lombok
Otus JolandaeBurung hantu yang memiliki nama latin Otus Jolandae diidentifikasi lewat suaranya. Dalam publikasi di jurnal PLOS ONE, George Sangster, pemimpin penelitian dari Swedish Museum of Natural History, mengatakan bahwa burung hantu ini menghasilkan suara "pok" dan sesekali lebih panjang, "poook". Temuan spesial karena selama 100 tahun belakangan jarang terdengar temuan spesies burung hantu baru.

4. Tikus Berduri
Halmaheramys bokimekot
Halmaheramys bokimekot adalah nama latin dari hewan spasies tikus ini. Hewan ini ditemukan di halmahera oleh peneliti dari Musium Zoologi Bogor, LIPI yang bekerjasama dengan peneliti dari Universitas Copenhagen. Ciri-ciri fisiknya  bulu-bulunya keras, tak seperti tikus umumnya. Bagian punggung tubuhnya berwarna coklat dengan ujung ekor berwarna putih dan bagian perut yang kelabu terang. Tikus ini unik karena hewan berkarateristik Asia yang hidup di timur Indonesia. Lebih uniknya lagi tikus ini tidak hanya spesies baru, namun juga genus baru.

5. Anggrek Bercula
Malleola inflata
Spesies Anggrek ini memiliki nama latin Malleola inflata. Spesies ini ditemukan oleh Destario Metusala, peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI. Spesies ini ditemukan lewat hasil pembelajaran koleksi anggrek di Kebun Raya Purwodadi.  Anggrek bercula tersebut dikoleksi dari wilayah Kalimantan Barat pada tahun 2006. Penemuan bunga ini dipublikasikan di Malesian Orcid Journal edisi Februari 2013.




Itulah beberapa penemuan spesies baru di Indonesia 2013 versi cari artikel?. Semoga bermanfaat dan menambah khasanah ilmu pengetahuan.

0 comments:

Post a Comment