Thursday, May 2, 2013

5 Manfaat dan Bahaya Kopi


 Minuman berwarna hitam yang ditemukan Khalid secara tidak sengaja ini sangatlah populer di kalangan para pria. Bahkan kini para wanita juga ikut-ikutan mencicipi minuman nikmat ini. Dalam perkembangannya, kopi juga banyak dimodifikasi menjadi berbagai jenis minuman yang membuat pecinta kopi semakin sayang. Namun apakah anda tahu manfaat dan bahaya mengkonsumsi minuman hitam ini? Berikut adalah manfaat minuman kopi bagi kesehatan:

1. Menjaga sistem reproduksi
Penyakit reproduksi bagi manusia sangat menakutkan. Setiap orang berharap dan berhati-hati agar terhindar dari penyakit ini. Nah, Kopi dapat membantu anda agar selamat darinya. Hal ini dibuktikan dengan adanya Studi yang dipublikasikan dalam Journal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention yang menyatakan bahwa wanita yang minum lebih dari empat cangkir kopi sehari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena kanker endometrium.

2. Mengurangi Resiko Diabetes
Penyakit diabetes sangat menyeramkan bagi kita. Sekali terkena, maka hampir tidak mungkin untuk sembuh. Selain itu, kita juga akan mewariskan penyakit ini kepada keturunan kita. Tentu kita tidak ingin terjangkit penyakit yang satu ini. Dengan mengkonsumsi kopi, resiko diabetes tipe 2 dapat dikurangi hingga setengahnya. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan asam klorogenik dalam kopi yang berfungsi memperlambat penyerapan gula di dalam proses pencernaan dan asam ini juga merangsang GLP-1 yakni zat kimia yang bisa menghasilkan insulin. Tentu harus diimbangi dengan gaya hidup sehat.
 
3. Mengurangi Resiko Kanker
Dengan mengkonsumsi kopi secara tepat dan tidak berlebihan, resiko kanker payudara, kanker hati dan kanker usus besar dapat diminimalisir. 

4. Mengurangi Resiko Stroke 
Stroke adalah penyakit yang menyerang syaraf hingga penderita mengalami kelumpuhan atau tidak berfungsinya suatu organ tubuh dengan normal. Penyakit menakutkan ini salah satu penyebab kematian. Dengan menikmati kopi, resiko terserang stroke ini dapat diminimalkan. Sebuah penelitian melalui studi kasus terhadap sejumlah wanita telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi dalam standar konsumsi yang baik ternyata lebih rendah resikonya terhadap serangan stroke dari yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal itu didukung dengan hasil penelitian lain di Finlandia membenarkan hasil studi kasus tersebut.

5. Mengurangi Resiko Liver
Penyakit liver atau hati cukup berbahaya. Organ hati sangat penting dalam hidup kita. Kopi sudah teruji mampu mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya. Hal ini di kerenakan tingginya kandungan antioksidan serta kandungan kafein dalam setiap biji kopi. 
 
Setelah mengetahui betapa bermanfaatnya kopi bagi kesehatan, kita juga harus tahu juga bahaya mengkonsumsi terlalu banyak kopi. Berikut ini 5 bahaya kopi bagi kesehatan:
 
1. Mempercepat Detak Jantung
Terbukti melalui pernyataan Havard Health Publications bahwa kopi dapat meningkatkan detak jantung manusia dengan menstimulus sistem syaraf pusat.  Hal ini cukup berbahaya bagi penderita serangan jangtung, gangguan ginjal dan penderita tekanan darah tinggi. Mereka tidak boleh menikmati lebih dari secangkir kopi sehari.
 
2. Menyebabkan Penyakit Maag 
Sudah bukan rahasia lagi bahwa kopi dapat menyebabkan penyakit maag. Hal ini dikarenakan kopi dapat meningkatkan kandungan asam di lambung dalam jangka waktu cukup lama. Jadi bila anda penderita maag, ada baiknya menghindari minuman ini agar maag anda tidak kambuh.

3. Menyebabkan Insomnia
Kopi dapat menjaga anda dari rasa kantuk adalah manfaat utama yang dapat dirasakan penikmatnya. Apa lagi kerja lembur, seakan sudah menjadi menu wajib bagi pekerja lembur. Dengan adanya manfaat ini juga menimbulkan bahaya. Dengan mengkonsumsi kopi di malam hari dapat menyebabkan anda susah tidur atau insomnia. Jadi jangan mengkonsumsi kopi sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak.
4. Menyebabkan Keguguran
Hamil adalah anugerah terindah bagi suatu keluarga karena jumlah anggota mereka akan bertambah. Ibu akan menjaga kehamilannya hingga diharapkan dapat melahirkan anak. Kopi sangatlah tidak cocok bagi ibu hamil. Seorang peneliti dari Karolinska Institute dari Negeri pesepak bola Ibrahimovic bernama Sven Cnattingius menemukan wanita hamil yang mengkonsumsi 100 mg kavein per hari dapat menyebabkan keguguran. Hal ini dikarenakan kopi dapat meningkatkan detak jantung sehingga menyerang plasenta dan masuk ke sirkulasi darah janin. Jadi bagi wanita hamil, hindari meminum kopi untuk keselamatan janin anda.

5. Merasa Gugup dan Bekeringat
Merasa gugup dan berkeringat merupakan bahaya lain dari kopi. Kopi mengandung kaffein. Kaffein ini berperan penting dalam penyebab timbulnya rasa gugup dan berkeringat. Hal ini karena kaffein memicu pelepasan glikogen oleh hati yang menyebabkan kadar gula darah tidak lagi seimbang.
 
Inilah 5 manfaat dan bahaya kopi versi cari artikel. Kopi cukup aman dikonsumsi bila tidak berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment