Friday, March 29, 2013

Verb

verb


Verb dalam Bahasa Indonesia berarti kata kerja. Secara harfiah berarti suatu kata yang menunjukkan perbuatan, tindakan, kegiatan atau apa yang dilakukan dan dapat juga menyatakan bentuk / wujud. Verb terdiri dari kata auxiliary verb (kata kerja bantu), Transitive verb, Intransitive verb, Regular verb (kata kerja beraturan), dan irregular verb (kata kerja tidak beraturan).

Auxiliary verb (kata kerja bantu) adalah bagian dari kata kerja (verb). Auxiliary verb terdiri dari to be dan modal. To be terdiri dari: am (adalah), is (adalah), are (adalah). Modal berjumlah 7 yaitu: do/does (dapat), have/has/had (mempunyai/sudah), shall (akan), will (akan), can (dapat), may (boleh) dan must (harus).

Transitive verb berarti kata kerja yang membutuhkan objek jika digunakan dalam kalimat positif. Contoh kata kerja transitive (transitive verb) diantaranya: read (membaca), answer (menjawab), ask (bertanya), clean (membersihkan), eat (memakan), find (menemukan), dll.
Intransitive verb adalah antonim dari transitive verb yaitu kata kerja yang tidak membutuhkan objek jika digunakan dalam kalimat positif. Contohnya: arrive (tiba), race (berlomba), stand (berdiri), happen (terjadi), walk (berjalan), hurry (tergesa-gesa), dll.

Regular verb adalah kata kerja yang bentuk ke-2 dan ke-3 hanya ditambah ed/d dari kata awal. Contohnya:
Bentuk 1
Bentuk 2
Bentuk 3
Makna
Ask
Answer
Open
Close
Dry
Asked
Answered
Opened
Closed
Dried
Asked
Answered
Opened
Closed
Dried
Bertanya
Menjawab
Membuka
Menutup
Mengeringkan

Irregular verb merupakan kebalikan dari regular verb yaitu bentuk ke-2 dan ke-3 nya tidak beraturan. Contohnya:
Bentuk 1
Bentuk 2
Bentuk 3
Makna
Bet
Awake
Drink
Eat
Steal
Bet
Awoke
Drank
Ate
Stole
Bet
Awoke
Drunk
Eaten
Stolen
Mempertaruhkan
Bangun
Meminum
Memakan
Mencuri

0 comments:

Post a Comment