Friday, March 29, 2013

Sentence

sentence


Sentence dalam Bahasa Indonesia berarti kalimat. Secara harfiah berarti susunan dari beberapa kata yang memiliki maksud, paham atau pengertian yang sempurna. Dalam Bahasa Inggris, kumpulan kata-kata dapat disebut sentence jika setidaknya terdiri dari pokok kalimat (subject) dan sebutan (predicate) dan dapat disempurnakan dengan pelengkap (object).

Yang dimaksud dengan pokok kalimat (subject) yaitu sesuatu yang sedang dibicarakan di dalam kalimat yang terletak sebelum kata kerja (verb) dan berupa kata benda (noun), kata ganti (pronoun) atau kata-kata lain yang dapat diklasifikasikan sebagai kata benda.

Sedang yang dimaksud dengan sebutan (predicate) adalah kata yang menerangkan apa yang dikerjakan pokok kalimat (subject). Sebutan (predicate) dapat berupa kata kerja (verb) atau kata kerja bantu (auxiliary verb).

Yang ketiga adalah pelengkap (object) yaitu tujuan sebutan (predicate) dari kata pokok (subject) yang diletakkan setelah sebutan (predicate). Pelengkap (object) dapat juga diartikan apa yang diterangkan oleh sebutan (predicate).

Contoh kalimat dan bagian-bagiannya:
·         Mr. John drinks a cup of coffee.
o   Mr. John = pokok kalimat (subject)
o   Drinks = sebutan (predicate)
o   A cup of coffee = pelengkap (object)
·         We buy new car.
o   We = pokok kalimat (subject)
o   Buy = sebutan (predicate)
o   New car = pelengkap (object)
·         Miss. Angel is beautiful girl.
o   Miss. Angel= pokok kalimat (subject)
o   Is = sebutan (predicate) sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb)
o   Beautiful girl = pelengkap (object)

Yang terakhir, dalam pembuatan kalimat (sentence) harus masuk akal. Jika kalimat (sentence) yang telah anda buat benar secara gramatikal akan tetapi tidak masuk akal maka kalimat (sentence) tetap dianggap salah. Contohnya I smoke a book. Dalam Gramatikal, kalimat tersebut benar, akan tetapi tidak masuk akal sehingga tidak dapat dikatakan kalimat (sentence) yang benar.

0 comments:

Post a Comment